Langsung ke konten utama

Type bus bus yang cocok buat traveling

Type bus bus yang cocok buat traveling

Type bus bus yang cocok buat traveling


type bus yang recomendet buat kalian yang traveling

Bus, otobus, mobil bus, atau omnibus,(disebut juga multibus atau motorbus; ejaan tidak baku bis; sering juga dilafalkan sebagai /bas/ atau /bəs/) adalah kendaraan darat yang dirancang untuk mengangkut banyak penumpang. Bus dapat memiliki kapasitas hingga 300 penumpang. Jenis bus yang paling umum adalah bus tunggal satu lantai; bila muatan yang diangkut lebih besar uumnya dilayani bus bertingkat dan gandeng, dan muatan yang lebih kecil dibawa oleh midibus dan minibus; bus besar digunakan untuk layanan jarak jauh. Banyak jenis bus, seperti bus transit perkotaan dan bus antarkota, menarik tarif. Jenis lain, seperti bus sekolah atau bus kampus tidak selalu menarik tarif. Di banyak yurisdiksi, sopir bus memerlukan SIM atau izin khusus di atas SIM reguler.



Bus dapat digunakan untuk perkotaan terjadwal, perjalanan jauh terjadwal, sekolah, sewa, atau pariwisata; bus promosi dapat digunakan untuk kampanye politik dan yang lainnya dioperasikan secara pribadi untuk berbagai tujuan, termasuk kendaraan wisata grup musik rock dan pop.



Bus yang ditarik kuda digunakan dari tahun 1820-an, diikuti oleh bus uap pada tahun 1830-an, dan bus listrik pertama pada tahun 1882. Bus motor bakar pembakaran dalam pertama, atau bus motor, digunakan pada tahun 1895. Baru-baru ini, dikembangkan bus listrik hibrida, bus sel bahan bakar, dan bus listrik, serta yang didukung oleh gas alam terkompresi atau biodiesel. Pada 2010-an, pembuatan bus semakin mengglobal, dengan desain yang sama muncul di seluruh dunia.



Bus berasal dari kata sifat omnibus Latin ("untuk semua"), jamak datif dari omnis-e ("semua"). Nama lengkap teoretisnya adalah dalam bahasa Perancis voiture omnibus [1] ("kendaraan untuk semua" atau "kendaraan untuk rakyat"). Nama ini berasal dari layanan transportasi massal yang dimulai pada 1823 oleh pemilik pabrik jagung Prancis bernama Stanislas Baudry di Richebourg, pinggiran Nantes . Produk sampingan dari pabriknya adalah air panas, dan di sebelahnya ia mendirikan bisnis spa. Untuk mendorong pelanggan, ia memulai layanan transportasi kuda dari pusat kota Nantes ke kantornya. Kendaraan pertama berhenti di depan toko seorang pembeli yang bernama Omnés, yang memajang tanda besar bertuliskan "Omnes Omnibus", sebuah pun kata-kata pada nama keluarganya yang terdengar Latin, omnes adalah bentuk nominatif, vokal dan akusatif pria dan wanita Latin. omnis-e kata sifat ("semua"),dikombinasikan dengan omnibus, bentuk jamak datif yang berarti "untuk semua", sehingga memberikan nama tokonya "Omnés untuk semua". Skema transpornya sukses besar, meskipun tidak seperti yang ia maksudkan karena sebagian besar penumpangnya tidak mengunjungi spanya. Dia mengubah layanan transportasi menjadi usaha bisnis utamanya yang menguntungkan dan menutup pabrik dan jasa spa.Warga Nantes segera memberi julukan "omnibus" untuk kendaraan itu.[1] Setelah menemukan konsep sukses, Baudry pindah ke Paris dan meluncurkan layanan omnibus pertama di sana pada bulan April 1828.[1] Layanan serupa diperkenalkan di London pada tahun 1829.





Format bus mencakup bus satu lantai, bus tingkat (keduanya biasanya dengan sasis tunggal) dan bus gandeng (atau 'bus tempel') yang prevalensinya bervariasi dari satu negara ke negara lain. Bus gandeng berkapasitas tinggi juga diproduksi—umumnya berupa bus yang digandeng ke bus lain atau ditarik truk trailer (sebagai kereta gandeng/kereta tempel). Midibus yang lebih kecil memiliki kapasitas penumpang lebih kecil dan bus atap terbuka biasanya digunakan untuk tujuan liburan. Di banyak armada baru, khususnya dalam sistem transit lokal, terjadi pergeseran ke bus lantai rendah, terutama untuk aksesibilitas difabel yang lebih mudah. Bus yang lebih besar dirancang untuk perjalanan jarak jauh dan biasanya dilengkapi dengan kursi penumpang reclining, sabuk pengaman, toilet, dan sistem hiburan audio visual, dan dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi dengan kapasitas bagasi lebih besar. Bus tersebut bisa satu atau dua tingkat, digandeng-gandeng, dan sering kali menyertakan kompartemen bagasi terpisah di bawah lantai penumpang. Bus berpemandu dilengkapi dengan teknologi untuk memungkinkannya berjalan di jalur pemandu (seperti rel) yang ditentukan, memungkinkan penyelarasan terkontrol di halte bus dan lebih sedikit ruang yang diambil oleh jalur yang dipandu daripada jalan konvensional atau jalur bus .



Pembuatan bus dapat dilakukan oleh satu perusahaan karoseri (produsen integral), atau oleh satu produsen membuat badan bus di atas sasis yang diproduksi oleh pihak lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Deskripsi Channel Youtube Peamania Animal

 "Peamania Animal" adalah saluran YouTube yang menghadirkan petualangan tak terlupakan ke dunia hewan dan alam liar. Saluran ini dirancang untuk memperkaya pengetahuan penonton tentang beragam spesies hewan, sambil mempertimbangkan pentingnya pelestarian dan perlindungan alam. Dalam setiap video, Peamania Animal mengajak penonton untuk menyaksikan keindahan dan keunikan hewan-hewan di berbagai habitat alam. Mulai dari hutan hujan lebat hingga gurun tandus, setiap episode memperkenalkan spesies-spesies yang menarik dan kadang-kadang langka, serta perilaku alami yang mengagumkan. Penyajian konten dalam saluran ini menggabungkan narasi yang informatif dengan gambar dan rekaman berkualitas tinggi, memastikan pengalaman menonton yang menarik dan mendalam. Di samping itu, Peamania Animal juga fokus pada upaya konservasi dan upaya perlindungan satwa liar yang terancam punah. Dengan memberikan perhatian yang tepat, saluran ini berusaha untuk membangun kesadaran dan dukungan bagi upay...

ngecor dengan molen di proyek

  Ngecor (cor beton) dengan mesin molen merupakan metode cor beton yang lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan cara manual. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk ngecor dengan mesin molen di proyek: Persiapan Pastikan semua alat dan bahan yang diperlukan sudah tersedia, termasuk mesin molen, bahan cor beton, pasir, batu split, air, alat ukur, alat pengaduk, dan lain-lain. Pastikan juga lokasi yang akan dicor sudah siap dan rapi. Pencampuran bahan Campurkan pasir dan batu split dalam mesin molen, lalu tambahkan air secara perlahan sambil terus mengaduk hingga didapatkan campuran yang kental dan homogen. Pastikan campuran beton tidak terlalu basah atau terlalu kering. Penyebaran bahan Setelah campuran beton selesai, sebar campuran beton secara merata di atas permukaan yang akan dicor. Gunakan alat ukur dan penggaris untuk memastikan bahwa permukaan cor beton nanti akan rata dan datar. Pengecoran Setelah campuran beton selesai disebarkan, gunakan mesin molen untuk menyebar be...

Deskripsi Channel Youtube Peamania Kicau

 Selamat datang di channel YouTube "Peamania Kicau"! Kami adalah komunitas pecinta burung kicauan yang berdedikasi untuk menyajikan konten-konten menarik seputar dunia kicau mania. Di sini, Anda akan menemukan beragam konten berkualitas tentang burung kicauan, mulai dari tips perawatan dan penangkaran, panduan melatih burung agar berkicau indah, hingga video-video menarik yang mengabadikan momen-momen spesial burung peliharaan kami. Kami berkomitmen untuk berbagi informasi dan pengetahuan terbaru seputar dunia kicauan, serta memberikan panduan yang berguna bagi pemula maupun penggemar kicau yang berpengalaman. Channel ini juga menjadi wadah bagi komunitas kicauan untuk saling bertukar pengalaman dan informasi. Setiap minggunya, kami akan menghadirkan konten-konten menarik seperti vlog perjalanan mengunjungi tempat-tempat favorit para kicau mania, kompetisi burung kicau, serta unboxing dan review perangkat kicau terbaru yang dapat meningkatkan performa burung peliharaan Anda. ...